Menggali Kekuatan dan Mengembangkan Potensi - Intuitive Coaching Cards
ArchetypesJB

Menggali Kekuatan dan Mengembangkan Potensi

Oleh : Josef Bataona

Langkah menggali kekuatan sudah memberikan pemahaman bahwa kita percaya ada kekuatan dalam diri kita. Dan kemungkinan ada yang belum digali.

Saya sendiri meyakini, bahwa masing-masing kita diciptakan unik, lengkap dengan talenta untuk bisa sukses. Bila demikian halnya, pesan ini juga mengingatkan kita, bahwa kalau kita  ingin sukses, tidak usaha menjadi orang lain, tidak usaha mengcopy orang lain. Jadilah diri sendiri.

Tapi apa yang harus dilakukan kalau saya sangat mengidolakan seseorang, dia begitu menginspirasi dan menjadi role model untukku? Kalau kita percaya bahwa semua orang diciptakan unik, berarti orang lain mempunyai keunikan yang tidak kita punyai. Karena itu, kita perlu membuka diri untuk belajar dari orang lain, dari atasan, bawahan, rekan kerja, dari role model atau dari sumber mana saja di keluarga atau masyarakat. Untuk apa? Agar kita bisa menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Kekuatan kita terus diasah, potensi kita senantiasa dikembangkan untuk diberdayakan, agar hari ini kita bisa lebih baik dari kemarin dan hari esok lebih baik dibandingkan dengan hari ini.

Terkadang untuk menggali kekuatan dan potensi untuk dikembangkan, kita membutuhkan uluran tangan orang lain yang bisa lebih muda melihat blind spot kita. Gambar ini memberikan saya beberapa pemahaman penting: Pertama, jangan takut untuk minta bantuan dan belajar dari orang lain, terutama orang lain yang lebih kompeten dari kita. Kedua, orang lain belum tentu bisa memberikan kita solusi, tapi bisa memfasilitasi dengan berbagai pertanyaan, agar kita bisa menemukan sendiri solusi. Ketiga, Kedua orang tersebut fokus menatap kedepan. Artinya langkah menggali kekuatan dan mengembangkan potensi adalah demi masa depan yang lebih baik. Keempat, pelatih dalam gambar sepertinya memegang catatan yang dibutuhkan. Catatan itu tentang target yang mau diraih, dalam waktu berapa lama, Langkah apa yang perlu dilakukan serta progress yang dicapai. Dan untuk meraih hasil terbaik, Langkah apa lagi yang perlu dilakukan. Dan semua ini bisa dirancang secara tepat karena pelatihnya membuka diri untuk mendengarkan, tapi juga atletnya percaya penuh kepada pelatih, menyimak dengan cermat kata-kata bijak pelatih, serta mengambil langkah yang diperlukan.

Dan tidak kalah pentingnya: mereka berdua terlihat sangat serius, karena ada tanggung jawab bersama yang diemban: demi Sukses atlit tersebut di masa depan.

Admin Integra

Author Admin Integra

More posts by Admin Integra

Leave a Reply